Minggu, 25 Oktober 2009

SMAN 1 Tarakan

sman I tarakan


SMAN 1 Tarakan atau sering disebut SMANSATA oleh sebagian besar siswa adal ah SMA tertua di Tarakan yang didirikan pada 1 Agustus 1965 berdasarkan SK Kepala Dirpu No.18/Dirpu/1965 tanggal 30 Juli 1965. Dalam usianya yang matang itu, SMAN 1 Tarakan telah menghasilkan ribuan lulusan yang telah berhasil.


Sehubungan dengan perkembangan sosial ekonomi serta IPTEK dan TIK yang terjadi di Indonesia, SMAN 1 Tarakan telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi atau yang dikenal sebagai Kurikulum 2004 . Meskipun SMAN 1 Tarakan tidak secara formal ditunjuk sebagai pilot project penerapan KBK, kami telah menerapkannya sejak tahun pelajaran 2002/2003. Kemudian sejak tahun pelajaran 2006/2007 SMA Negeri 1 Tarakan menerapkan KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ). Dan mulai tahun pelajaran 2007/2008, SMA Negeri 1 Tarakan menerapkan program rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( SBI ). Hal ini didukung oleh komitmen guru dan staf untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada siswa dalam mengantarkan mereka untuk mencapai predikat SDM yang berkualitas yang siap bersaing di era globalisasi. Untuk itu, SMAN 1 Tarakan didukung oleh 59 orang guru dan 23 orang staf administrasi termasuk keamanan dan petugas kebersihan, dibantu oleh Komite Sekolah, dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup sesuai dengan perkembangan IPTEK dan TIK.
Mulai tahun pelajaran 2004/2005, kami menerapkan bimbingan yang lebih intensif bagi siswa-siswa yang berbakat. Melalui bimbingan yang lebih intensif ini, siswa SMA Negeri 1 Tarakan berhasil meraih juara I tingkat provinsi dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris yaitu Touner Gerald Parapat (2005) dan Pricilia (2007) serta juara I tingkat provinsi dalam Lomba Membaca Berita dalam Bahasa Inggris yang juga diraih oleh Touner Gerald Parapat pada tahun 2005. Kedua kegiatan ini dilaksanakan oleh Universitas Mulawarman. Masih pada tahun yang sama ( 2005 ), tim SMAN 1 yang terdiri atas Touner Gerald Prapat, Fadli Wilihendarwo dan Ani Pissa berhasil meraih juara I Debat Bahasa Inggris tingkat Kalimantan. Pada tahun pelajaran 2006/2007, Sari Damayanti berhasil meraih juara I tingkat nasional untuk Lomba Menulis Essai tentang HAM yang diadakan oleh Universitas Indonesia, pada tahun yang sama Erna Herawati dkk berhasil dalam LPIR tingkat nasional dengan meraih juara harapan 1 dan pada tahun pelajaran 2007/2008 Setiawan dan Januarina berhasil meraih juara I tingkat nasional dalam Smart Contest Matematika. Diharapkan hal ini akan mendorong adanya prestasi akademik lainnya di tahun-tahun mendatang.

Prestasi lain yang diraih SMAN1 adalah dalam pemilihan Siswa Berprestasi tingkat provinsi. Dua siswa SMAN1 Fadli Wilihendarwo berhasil meraih peringkat I dan Vita Rahayu berhasil meraih peringkat III. Prestasi ini diraih pada tahun 2005. Diharapkan sederet prestasi ini akan mendorong adanya prestasi akademik lainnya di tahun-tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar